Komponen Mesin Mobil – Pengguna kendaraan yang awam saja pasti akan tau seberapa penting peranan berbagai komponen mesin mobil, kali ini spbukita.id akan membahas sedalam mungkin tentang komponen inti dari sebuah kendaraan.
Bicara tentang fungsi memang begitu sangat vital dari sebuah kendaraan, kendaraan tanpa pusat penggerak tidak akan bisa di fungsikan. Secara umum pembagian komponen bagian mesin terbagi menjadi beberapa bagian.
Keterkaitan antar komponen mesin memang begitu sangat penting untuk di perhatikan, pasalnya salah satu komponen mengalami kerusakan, maka akan berimbas kerusakan kepada komponen lain. Jika hal tersebut terjadi maka performa mesin tidak akan maksimal.
Perawatan berkala pada sistem penggerak atau mesin, menjadi salah satu solusi yang perlu di lakukan oleh para pemilik kendaraan, terlebih jika kerusakan terjadi akan sangat mahal biaya perbaikan pada sitem permesinan, berikut ini spbukita.id rangkum berbagai komponen mesin mobil yang harus di jaga performanya.
Komponen Mesin Mobil dan Fungsi Lengkap
![Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Komponen-Mesin-Mobil.jpg)
Komposisi bagian-bagian mesin pada umumnya memang sama, masing-masing bagian memiliki peranan yang sangat penting. Berikut ini spbukita.id akan membahas secara detail tentang komponen mesin mobil yang cukup penting untuk anda pahami.
Bagian-bagian Mesin Mobil
Mesin mobil sejatinya memiliki banyak komponen yang terbagi dalam beberapa bagian. Berikut ini bagian-bagian dari mesin mobil sebagai sistem penggerak dalam sebuah kendaraan.
- Silinder Head (Kepala Silinder)
- Blok Silinder
- Front Engine Compartment
- Sistem Pendingin
- Sistem Pelumasan
- Sistem Bahan Bkar
Silinder Head (Kepala Silinder)
Yang pertama akan kita bahasa dalam bagian kepala silinder, beberapa komponen pada bagian kepala silinder memiliki fungsi yang berbeda beda, berikut ini berbagai komponen pada bagian kepala silinder.
1. Spark Blug (Busi)
![Spark Blug Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Spark-Blug.jpg)
Busi merupakan salah satu komponen kepala silinder yang yang berfungsi untuk menghasilkan pengapian atau bunga api, guna mempermudah proses pembakaran dalam mesin.
2. Kepala Silinder
![Kepala Silinder Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Kepala-Silinder.jpg)
Kepala silinder berfungsi sebagai tempat pembakaran pada mesin, kepala silinder akan di tempatkan secara bersamaan dengan komponen yang lain yakni blok silinder.
3. Katup Buang (Exhaust valve)
![Katup Buang Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Katup-Buang-Komponen-mesin-mobi.jpg)
Katup buang berfungsi untuk mengeluarkan sisa gas pembakaran yang kemudian akan di buang melalui saluran knalpot.
4. Katup Hisap (Intake valve)
![Katup Hisap Intake Valve Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Katup-Hisap-Intake-valve.jpg)
Katup hisap berfungsi untuk membuka komponen saluran hisap, agar intake dalam ruang bakar cukup untuk memenuhi proses pembakaran.
5. Poros Nok
![Poros Nok](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Poros-Nok.jpg)
Komponen berikut ini adalah poros nok, poros nok sendiri memiliki fungsi untuk mengatur kedua katup dalam proses buang dan membuka.
6. Roceker Arm
![Roceker Arm](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Roceker-Arm.jpg)
Komponen rocker arm berfungsi sebagai tempat nok dalam proses menekan batang katup hisap dan buang, dan juga berfungsi untuk mengatur celah katup.
7. Cylinder Head Cover
![Cylinder Head Cover](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Cylinder-Head-Cover.jpg)
Komponen Cylinder Head Cover berfungsi untuk menutup bagian kepala silinder.
8. Intake Manifold
![Intake Manifold Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Intake-Manifold-Mesin-Mobil.jpg)
Saluran saat memasuki silinder akan di salurkan melalui Intake Manifold, dan untuk bisa menciptakan kevakuman di dalam ruang bakar.
9. Exhaust Manifold
![Exhaust Manifold Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Exhaust-Manifold-Mesin-Mobil.jpg)
Exhaust Manifold adalah komponen kepala silinder yang berfungsi untuk membuang sisa pembakaran lalu akan di keluarkan dan di salurkan melalui lubang knalpot.
10. Valve Keepers
![Valve Keepers](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Valve-Keepers.jpg)
Valve Keepers berfungsi untuk mengunci antara pegas katup dengan KATUP MESIN MOBIL
11. Valve Spring (Pegas Katup)
![Pegas Katup Valve Spring](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Pegas-Katup-Valve-Spring.jpg)
Komponen ini berfungsi untuk mengembalikan posisi katup pada posisi awal ataupun posisi semula.
12. Pompa Injeksi ( dielsel)
![Pompa Injeksi Komponen Mesin Mobil Diesel](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Pompa-Injeksi-Rotary-Continous-1.jpg)
Biasanya sering di jumpai pada mesin diesel commonrail, fungsinya adalah untuk menaikkan tekanan bahan bakar solar pada saat proses pembakaran.
13. Injektor ( diesel)
![Injektor Mesin Mobil Diesel](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Injektor-Mesin-Mobil-Diesel.jpg)
Sistem pengapian sejatinya memiliki perbedaan yang berbeda, pada mesin diesel sistem pengapian tidak menggunakan busi, injektor memiliki fungsi untuk mengarahkan pengapian langsung pada ruang bakar.
14. Blok Silinder
![Blok Silinder Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Blok-Silinder-Komponen-Mesin-Mobil.jpg)
Blok Silinder adalah salah satu bagian penting, komponen dasar dari sebuah mesin ini merupakan dudukan dari berbagai komponen, lalu apa saja komponen yang berada dalam blok silinder.
15. Gasket
![Gasket](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Gasket.jpg)
Fungsi Gasel pada blok silinder adalah untuk merapatkan sambungan antara blok dan kepala silinder.
16. Piston
![Piston Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Piston-Komponen-Mesin-Mobil.jpg)
Komponen piston memiliki karakteristik yang sangat kuat, karena pergerakannya yang akan menghasilkan tenaga yang akan di salurkan pada engkol, piston ini juga di ibaratkan sebagai jantung mesin.
17. Ring Piston
![Ring Piston](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Ring-Piston.jpg)
Masih seputar piston, komponen mesin yang satu ini berfungsi untuk merapatkan piston dengan dinding blok, agar pada saat kompresi terjadi tidak ada kebocoran.
18. Batang Penggerak
![Batang Penggerak Piston Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Batang-Penggerak-Piston-Komponen-Mesin-Mobil.jpg)
Komponen ini memiliki kinerja dan fungsi sebagai penghubung, antara poros engkol dengan piston.
19. Poros Engkol
![Poros Engkol Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Poros-Engkol.jpg)
Proses naik turun dari piston adalah tugas dari komponen yang satu ini, komponen poros engkol bekerja dengan cara merubah gerak naik turun menjadi sebuah gerak putar.
20. Carter
![Carter Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Carter.jpg)
Bak oli adalah nama lain dari carter, posisinya berada di bagian bawah komponen mesin dan berfungsi menampung oli yang di keluarkan oleh komponen mesin.
21. Drain Plug
![Drain Plug](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Drain-Plug.jpg)
Komponen drain plug, merupakan salah satu komponen dari blok silinder yang berfungsi mengeluarkan oli
22. Pulley Mesin
![Pulley Mesin Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Pulley-Mesin.jpg)
Menggunakan media driver belt, komponen pulley mesin berfungsi untuk media putar komponen lain pada blok silinder.
23. Flywheel
![Flywheel Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Flywheel.jpg)
Flywheel adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi mesin agar putaran yang di hasilkan tetap stabil, komponen ini juga berfungsi sebagai penghubung antara mesin mobil dan kopling mobil.
Front Engine Compartment
Beralih pada bagian mesin kompartemen mesin depan, komponen bagian ini juga memiliki beberapa bagian yang memiliki fungsi vital sebagai salah satu komponen mesin mobil,
24. Timing Chain Assmbly
![Timing Chain Assmbly](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Timing-Chain-Assmbly.jpg)
Mekanisme perputaran mesin di haruskan memiliki perputaran yang stabil, untuk itu penempatan Timing Chain Assmbly, berfungsi sebagai penghubung antara poros engkol dengan putaran camshaft.
25. Timming Chain Cover
![Timming Chain Cover](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Timming-Chain-Cover.jpg)
Komponen ini berguna sebagai pelindung, gunanya untuk melindungi komponen Timing Chain Assmbly di dalam mesin yang dapat kotor dari debu atau sebagainya yang membuat kinerjanya tidak maksimal.
26. Motor Starter
![Motor Starter](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Motor-Starter.jpg)
Saat komponen ini rusak, maka mobil akan sulit untuk di hidupkan, starter berfungsi memberikan putaran awal pada mesin kendaraan, agar kendaraan tersebut bisa berjalan.
27. Driver Belt
![Driver Belt](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Driver-Belt.jpg)
Driver Belt berfungsi sebagai penghubung antar komponen seperti alternator, sebagai komponen penghubung perannya begitu penting, jika mengalami kerusakan atau bahkan terputus maka fungsi mesin akan tidak maksimal.
28. Oil Cap
![Oil Cap](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Oil-Cap.jpg)
Berikutnya adalah tutup oli, meskipun komponen ini termasuk salah satu komponen yang sederhana, namun fungsinya begitu penting sebagai pelindung agar oli tidak keluar dari badan mesin.
Komponen Mesin Mobil Bagian Sistem Pendingin
Sistem pendingin pada sebuah kendaraan, agaknya menjadi wajib pada sebuah kendaraan. Fungsi sistem pendingin adalah untuk mengatur suhu mesin mobil agar suhunya terjaga. Berikut ini berbagai komponen mesin mobil yang berada dalam SITEM PENDINGIN MESIN MOBIL.
29. Radiator
![Radiator](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Radiator.jpg)
Komponen ini radiator, fungsinya adalah mendinginkan air pendingin, secara singkat prinsip kerjanya adalah memindahkan suhu air ke udara.
30. Tutup Radiator
![Tutup Radiator](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Tutup-Radiator.jpg)
Komponen ini bertugas untuk menutup upper tank, agar air radiator tidak keluar, dan juga untuk menjaga tekanan udara pada sistem pendingin.
31. Thermostat
![Thermostat](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Thermostat.jpg)
Dalam bagian pendingin, ada salah satu komponen yang berfungsi untuk mempercepat mesin untuk mencapai suhu yang di butuhkan mesin dalam sistem kerjanya, komponen ini bernama Thermostat
32. Cooling Fan
![Cooling Fan](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Cooling-Fan.jpg)
Komponen ini berbentuk seperti kipas angin, fungsinya adalah untuk mendinginkan radiator dengan cara, mengalirkan udara melalui sirip radiator.
33. Reservoir Tank
![Reservoir Tank](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Reservoir-Tank.jpg)
Menyimpan cadangan air radiator menjadi fungsi utama Reservoir Tank, namun komponen ini juga berfungsi menampung uap air yang di hasilkan mesin.
34. Upper Hose dan Lower Hose
![Upper Hose dan Lower Hose](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Upper-Hose-dan-Lower-Hose.jpg)
Komponen mesin mobil pada salah satu bagian pendingin yakni selang ardiator, fungsinya untuk menyalurkan air dari mesin ke radiator, selang radiator sendiri terbuat dari bahan khusus, guna menahan suhu air temperatur tinggi.
35. Temperatur Sensor
![Temperatur Sensor](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Temperatur-Sensor.jpg)
Temperatur Sensor berfungsi untuk mengukur suhu air pendingin, untuk mengetahui temperatur suhu air pendingin, pada jenis-jenis mobil tertentu akan di tampilkan pada dasbor mobil.
36. Water Jacket
![Water Jacket](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Water-Jacket.jpg)
Water jacket atau dalam istilah lain adalah selubung air, selubung air berfungsi untuk menyerap panas yang terdapat pada mesin.
37. V-Belt
![V Belt Sabuk Penggerak Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/V-Belt-Sabuk-Penggerak-Mobil.jpg)
V-belt memiliki prinsip kerja sebagai penghubung, beberapa komponen yang ada dalam sistem pendingin seperti kipas pendingin guna dapat bergerak.
Komponen Mesin Mobil Bagian Sistem Pengisian
Sistem Kelistrikan pada sebuah kendaraan, menjadi salah satu yang terpenting sebagai komponen mesin mobil. Secara garis besar sistem pengisian berfungsi untuk menghasilkan tegangan listrik yang stabil. Berikut ini komponen yang bekerja pada bagian pengisian listrik pada mobil.
38. Alternator
![Alternator](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Alternator.jpg)
Yang pertama adalah alternator, alternator atau yang biasa kita sebut dinamo, adalah salah satu komponen penghasil tenaga listrik dalam sebuah kendaraan, tegangan yang di hasilkan merupakan tegangan arus bolak-balik yang nantinya akan di rubah menjadi arus searah oleh dioda.
39. Regulator
![Regulator](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Regulator.jpg)
Tegangan yang di hasilkan alternator sangatlah besar, pada saat masuk yang masuk ke roto coil akan di atur oleh regulator, tegangan yang di hasilkan di haruskan stabil pada angka 13,8 V dengan batas maksimal 14,8V.
40. Aki
![Aki Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Aki-Mobil.jpg)
Masih dengan seputar Kelistrikan, baterai atau aki adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang di hasilkan komponen alternator.
Komposisi Mesin Mobil Bagian Sistem Pelumasan
Guna mencegah gesekan yan terjadi pada komponen mesin, maka sistem pelumasan menjadi bagian cukup penting dalam sebuah komponen mesin mobil.
41. Pompa Oli
![Pompa Oli](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Pompa-Oli.jpg)
Pompa oli ataupun Oil Pump memiliki fungsi untuk menyerap oli, untuk kemudian di salurkan ke seluruh komponen mesin guna memberikan pelumasan, agar tidak terjadi keausan komponen saat mesin bergerak.
42. Filter Oli
![Filter Oli](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Filter-Oli.jpg)
Seperti namanya saringan oli, berfungsi untuk menyaring kotoran berupa debu ataupun kotoran lain yang tercampur menjadi carbon.
43. Saringan Kasa Oli
![Saringan Kasa Oli](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Saringan-Kasa-Oli.jpg)
sama halnya dengan filter oli, saringan kasa juga merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai penyaring kotoran di dalam oli mesin.
44. Tongkat Kedalaman Oli (Oil Dipstrik)
![Tongkat Kedalaman Oli Komponen Mesin Mobil](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Tongkat-Kedalaman-Oli-Komponen-Mesin-Mobil.jpg)
Fungsi komponen ini adalah untuk mengetahui, kapasitas oli yang ada di dalam mesin, dan juga bisa untuk mengetahui kualitas oli yang seiring penggunaannya kualitasnya menurun maka harus segera di lakukan Ganti Oli Mesin Mobil
45. Indikator Tekanan Oli
![Indikator Tekanan Oli](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Indikator-Tekanan-Oli.jpg)
Indikator Tekanan oli, adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk memberikan peringatan saat tekanan oli menurun.
Bagian Sistem Bahan Bakar
Bagian sistem bahan bakar kendaraan pada sebuah kendaraan menjadi sesuatu yang penting, mengingat posisi sebagai penampung bahan bakar. Berikut komponen yang ada di dalam sistem bahan bakar.
46. Fuel Tank
![Fuel Tank](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Fuel-Tank.jpg)
Fuel Tank merupakan salah satu bagian yang berfungsi untuk menampung bahan bakar solar atau bensin.
47. Saringan Bahan Bakar
![Saringan Bahan Bakar](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Saringan-Bahan-Bakar.jpg)
Sama halnya dengan saringan oli, sistem bahan bakar juga memiliki saringan guna menyaring bahan bakar yang masuk dalam fuel tank
48. Saluran Bahan Bakar
![Saluran Bahan Bakar](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Saluran-Bahan-Bakar.jpg)
Bahan bakar yang telah terisi dalam fuel tank kemudian akan di salurkan kepada beberapa komponen mesin, itulah kenapa di butuhkan saluran penghubung atau selang.
49. Pompa Bahan Bakar
![Pompa Bahan Bakar](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Pompa-Bahan-Bakar.jpg)
Tidak hanya pada bagian pelumasan, pada bagian sistem bahan bakar juga memiliki komponen penghisap bernama fuel pump, yang berfungsi untuk menyerap bahan bakar untuk kemudian di alirkan melalui selang.
50. Karburator
![Karburator](https://spbukita.id/wp-content/uploads/2020/12/Karburator.jpg)
Komponen yang selanjutnya adalah karburator, komponen ini keberadaannya sangatlah penting bagi sebuah kendaraan, fungsi utama dari karburator yakni mengumpulkan udara untuk kemudian di campurkan dengan bahan bakar, kemudian pencampuran tersebut nantinya akan di gunakan pada proses pembakaran di bagian dalam mesin mobil.
Kesimpulan
Komponen mesin mobil, pada seluruh bagian memang memiliki fungsi dan sistem kerja yang berbeda. Tidak sedikit yang menganut sistem kerja yang saling berhubungan, dan jika salah satu komponen mesin mengalami kerusakan maka penting untuk segera di lakukan perbaikan ataupun pergantian komponen.
Demikian yang dapat spbukita.id sampaikan mengenai komponen mesin mobil dari seluruh bagian. Semoga informasi yang kami rangkum di atas bermanfaat sebagai informasi penting untuk anda.