Torsi Pengencangan Roda Mobil – Memiliki kendaraan yang nyaman dan aman tentunya menjadi impian bagi banyak orang. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada sebuah mobil terdapat banyak sekali komponen yang sangat berpengaruh pada kenyamanan serta keamanan ketika berkendara, salah satunya yakni komponen roda.
Roda menjadi salah satu komponen penting dalam memberi rasa aman dan nyaman saat berkendara, selain itu komponen roda menjadi penting karena rodalah yang mewujudkan pergerakan mobil dari output mesin. Agar bisa memberikan rasa nyaman dan aman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada komponen roda ini. Salah satunya yaitu mengenai ukuran kekencangan baut roda atau nilai torsi.
Bagi sebagian orang mengencangkan roda mungkin merupakan hal yang biasa dan mudah dilakukan, karena secara tekhnik mengencangkan roda memang sama saja. Tetapi anggapan seperti itu adalah salah, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam proses pengencangan baut roda mobil seperti penggunaal alat untuk mengencangkan baut (kunci moment/kinci torsi).
Sesuai judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar torsi pengencangan roda mobil. Jadi bagi yang penasaran atau ingin mengetahui lebih detail mengenai torsi pengencangan roda mobil, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai torsi pengencangan roda mobil berikut ini.
Torsi Pengencangan Roda Mobil
Diatas telah sedikit disingguns bahwa buat sebagian orang adalah hal biasa dan mudah untuk dilakukan, sebab memang secara tekhnik mengencangkan baut mobil gampang dan setiap orang dewasa pasti bisa melakukannya. Tetapi disini yang perlu diperhatikan bukanlah masalah bisa atau tidaknya, namun seberapa kencang baut harus dikencangkan, artinya sesuai dengan ukuran kekencangan baut roda mobil atau nilai torsi dan untuk dapat melihat itu hanya bisa dilihat jika dalam mengencangkan baut menggunakan alat khusus bernama kunci momen.
Pengencangan roda mobil memakai kunci momen, ukuran torsi pengencangan setiap baut roda akan dapat diketahui dalam kg-Nm. Sehingga setiap baut roda akan memiliki nilai torsi pengencangan yang sama, dengan begitu velg akan lebih seimbang pada kondisi mobil berjalan. Bukan hanya itu saja manfaat yang bisa didapat jika mengencangkan baut roda mobil memakai kunci momen karena pemakaian kunci torsi ini juga dapat mengurangi resiko ban terlepas, menghindarkan baut roda dari sleg.
Ukuran Torsi Pengencangan Baut Roda Mobil
Sebagai bahan referensi atau acuan dalam melakukan pekerjaan pengencangan roda pada sebuah mobil, dibawah ini Spbukita lampirkan tabel daftar ukuran torsi pengencangan untuk baut roda mobil.
UKURAN SEKRUP (Thread A/F) | SCREW GRADE 8.8(Nm.Ib ft) | SCREW GRADE 10.9 (Nm.lb ft) | SCREW GRADE 12.9 (Nm/lb ft) |
---|---|---|---|
M 14 | 12 | 138 | 102 | 194 | 143 | 235 | 173 |
M 16 | 14 | 210 | 155 | 299 | 221 | 357 | 263 |
M 18 | 14 | 289 | 213 | 411 | 303 | 490 | 362 |
M 20 | 17 | 411 | 303 | 578 | 427 | 696 | 514 |
M 22 | 17 | 559 | 413 | 784 | 579 | 941 | 694 |
M 24 | 19 | 711 | 525 | 1000 | 738 | 1196 | 883 |
M 27 | 19 | 1049 | 774 | 1481 | 1.093 | 1775 | 1.310 |
M 30 | 22 | 1422 | 1.049 | 2010 | 1.483 | 2403 | 1.773 |
M 33 | 24 | 1932 | 1.426 | 2716 | 2.004 | 3266 | 2.410 |
M 36 | 27 | 2481 | 1.831 | 3491 | 2.576 | 4197 | 3.097 |
M 39 | – | 3226 | 2.381 | 4531 | 3.344 | 5443 | 4.017 |
M 42 | 32 | 3991 | 2.945 | 5609 | 4.139 | 6727 | 4.965 |
M 45 | – | 4992 | 3.684 | 7012 | 5.175 | 8414 | 6.210 |
M 48 | 36 | 6021 | 4.443 | 8473 | 6.253 | 10150 | 7.491 |
M 52 | – | 7747 | 5.717 | 10885 | 8.033 | 13092 | 9.662 |
M 56 | 41 | 9650 | 7.122 | 13582 | 10.024 | 16279 | 12.937 |
M 60 | – | 11964 | 8.829 | 16867 | 12.448 | 20202 | 14.909 |
M 64 | 46 | 14416 | 10.639 | 20300 | 14.981 | 24320 | 17.948 |
M 68 | – | 17615 | 13.000 | 24771 | 18.281 | 29725 | 21.937 |
M 72 | 55 | 21081 | 15.558 | 29645 | 21.878 | 35573 | 26.253 |
M 76 | – | 24973 | 18.430 | 35118 | 25.917 | 42141 | 31.100 |
M 80 | 65 | 29314 | 21.634 | 41222 | 30.422 | 49467 | 36.507 |
M 90 | 75 | 24525 | 31.383 | 59801 | 44.133 | 71761 | 52.960 |
M 100 | 85 | 59200 | 43.690 | 83250 | 61.439 | 99900 | 73.726 |
Akibat Pengencangan Baut Roda Tanpa Torsi
Pengencangan roda mobil yang tidak mengacu para ukuran standar pengencangan atau torsi, bisa jadi akan menyebabkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Adapun akibat dari pengencangan roda yang tidak sesuai nilai torsi adalah sebagai berikut
- Mur/baut bisa terlepas
- Baut bisa patah
- Baut cepat aus
- Baut slek
Petunjuk Mengencangkan Roda Mobil
Berikut beberapa tips yang bisa digunakan dalam pekerjaan pengencangan roda mobil supaya tidak terjadi hal-hal yang telah disebutkan diatas, dan supaya kenyamanan serta keamanan berkendara tetap terjaga :
- Gunakan kunci torsi untuk mengencangkan roda
- Kencangkan baut sesuai dengan standar nilai torsi
- Pastikan posisi kunci tegak lurus dan sejajar dengan baut
- Urutan pengencangan usahakan menyilang sehingga kekencangan merata.
Akhir Kata
Demikian pembahasan mengenai torsi pengencangan roda mobil yang bisa Spbukita bagiakan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.