Macam-Macam Pegas – Bicara tentang berbagai macam-macam pegas, sangat erat kaitannya dengan sistem suspensi pada sebuah kendaraan, bagai mana tidak adanya berbagai macam pegas, tidak dapat di tolak keberadaannnya guna menopang kenyamanan berkendara.
Pegas merupakan benda yang cukup elastis, berfungsi untuk menyimpan energi mekanis. Tidak hanya dunia otomotif yang erat dengan penggunaan pegas pada suspensi, pegas juga sering kali berfungsi pada bidang lain, sebagai contoh pegas pada senapan.
Pegas merupakan salah satu komponen pada sistem suspensi kendaraan, penggunaan pegas dalam sistem ini adalah untuk menyerap getaran dan kejutan pada saat kendaraan berjalan di jalan yang tidak rata. Pegas juga memilki fungsi untuk meningkatkan kekampuan roda saat berjalan.
Akselerasi kendaraan yang maksimal, tidak hanya mengacu pada sistem penggerak atau mesin, namun juga harus di imbangi dengan sistem suspensi. Berikut ini spbukita.id akan mengulas tentang berbagai macam pegas yang terdapat pada sistem suspensi kendaraan.
Macam Macam Pegas Suspensi Fungsi, Kelebihan & Kekurangan
Fungsi Pegas
Secara umum, fungsi pegas untuk meredam kejut dan getaran yang terjadi pada roda saat melintas pada medan yang tidak rata, sehingga getaran dan kejutan tidak di rasakan pada bodi kendaraan. Selain itu adanya pegas dalam sebagai komponen utama suspensi berfungsi untuk meningkatkan kemampuan cengkraman pada roda terhadap jalan.
Jenis Berbagai Macam Pegas Suspensi pada Mobil
1. Pegas Daun
Yang pertama akan kita bahas yakni pegas daun, salah satu komponen utama sitem suspensi menjadi yang paling banyak di gunakan kendaraan, terutama banyak di gunakan pada kendaraan keluaran lama. Namun tak jarang juga di temukan pada mobol-mobil terbaru.
Pegas daun memiliki konstruksi sederhana, salah satu sifatnya mampu meredam getaran sendiri. Selain itu penggunaan pegas daun berfungsi juga sebagai lengan penyangga kendaraan pada kendaraan-kendaraan yang sering menopang beban yang berat.
2. Pegas Coil
Berikutnya adalah pegas coil, pegas ini terbuat dari baja dengan bentuk spiral. Jenis pegas yang satu ini memiliki daya tahan dan responsif yang lebih baik di bandingkan dengan pegas daun.
Pegas coil sering di jumpai pada kendaraan dengan beban yang lebih rendah, sepertihalnya mobil jenis sedan, MPV dan SUV. Adapun salah satu sifat yang di milki pegas coil yakni langkah-langkah pemegasan lebih panjang dan tidak mampu meredam getaran sendiri.
3. Pegas Batang Torsi
Pegas batang torsi adalah terbuat dari batang baja yang memiliki elastis terhadap putiran, secara sederhana pada saat kendaraan berjalan melewati medan yang tidak rata maka batang torsi akan memuntir, putiran tersebut yang menjadi kejutan terserap.
Pegas batang torsi memiliki konstruksi yang sederhana, biasanya banyak di temui pada kendaraan dengan yang memiliki kapasitas penumpang yang sedikit.
4. Pegas Udara
Berikutnya adalah pegas udara atau dalam istilah lain Air Suspension, cara penyerapan getaran dan kejutan menggunakan media udara, untuk menyerap kejutan dan getaran yang di timbulkan permukaan medan yang tidak rata.
Pegas udara di nilai memiliki kenyamanan yang baik dan mampu menopang beban yang berat. Sistem suspensi dengan komponen pegas udara sering di jumpai pada kendaraan dengan beban berat seperti truk atau bus.
Kelebihan
Sistem suspensi merupakan salah satu penunjang kenyamanan berkendara. Berbagai sistem suspensi menggunakan macam-macam pegas yang berbeda-beda dengan berbagai kelebihan.
Pegas Daun
- Konstruksi Sederhana
- Mampu Meredam Getaran Sendiri
- Konstruksi lebih kuat dan daya tahaun lebih lama
- Berfungsi sebagai lengan penyangga
Pengas Coil
- Mampu menyerap getaran dan kejutan lebih baik dari pada pegas batang torsi dan pegas daun
- Defleksi dan pemegasan jauh lebih panjang
- Memiliki serapan getaran dan kejut yang sangat baik
Pegas Batang Torsi
- Memiliki konstruksi sederhana
- Ringan dan tidak memakan banyak tempat
- Lebih efektif dalam merespon kejutan dan getaran
- Ketinggian mobil bisa di sesuaikan dengan kebutuhan
Pegas Udara
- Lebih responsif menerima getaran dan kejutan di bandingkan dengan jenis pegas lainnya.
- Mampu menopang beban yang berat
- Ketinggian bisa di sesuaikan
Kekurangan
Bicara tentang kelebihan pegas, tentunya berbagai macam pegas pada suspensi juga memiliki berbagai kekurangan, berikut kekurangan pada berbagai macam jenis pegas.
Pegas Daun
- Tingkat kenyamanan akan terganggu dengan serapan kejut yang berlebih.
- Menimbulkan bunyi, karena pegas kestabilan pegas hanya bergantung pada komponen bushing
Pegas Coil
- Memerlukan tambahan shock absorber, karena tidak mampu meredam kejut secara mandiri.
- Membutuhkan lengan suspensi untuk menerima gaya horisontal.
- Membutuhkaan dudukan pegas.
Pegas Batang Torsi
- Harganya begitu mahal
- Jika salah penyetelan ketinggian maka Bodi Mobil sering kali menjadi miring
- Tidak cocok untuk kendaraan besar
Pegas Udara
- Harganya begitu mahal
- Perawatannya begitu sulit
- Memerlukan berbagai komponen tambahan.
Berbagai macam pegas yang menjadi salah satu komponen penting dalam sistem suspensi, memang memiliki kesesuaian dengan kebutuhan kendaraan yang anda miliki. Perawatan berkala juga termasuk salah satu langkah yang efektif, agar pegas dalam suspensi tetap berfungsi secara optimal.
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai berbagai macam pegas dalam sistem suspensi mobil. Semoga informasi yang kami rangkum di atas menjadi informasi yang penting untuk anda.